Sabtu, 20 September 2014

Puntius Denisoni, Ikan Aquascape Yang Eksotis



Bagi para pencinta Aquascape sudah tidak asing lagi pada ikan satu ini. Ya Puntius Denisoni. Ikan ini berasal dari sungai di India. Memiliki bentuk tubuh yang menyerupai peluru torpedo dan ikan ini memiliki warna yang sangat indah di bagian sisi tubuhnya, warna nya meliputi hitam dan merah. Dan dibagian ekor nya memiliki warna kuning dan hitam.

Ikan ini merupakan jenis Ikan Barb dan di habitat nya ikan ini hidup di aliran sungai yang cukup deras, dan cukup aktif bergerak. Dan untuk itu diperlukan akuarium yang cukup besar untuk memelihara ikan ini sehingga ikan ini bisa bebas bergerak seperti dihabitat nya.

Di kalangan pencinta Aquascape ikan ini termasuk ikan yang eksotik. Dan pada awal kemunculan nya ikan ini memiliki harga jual yang lumayan mahal. Untuk ukuran kelingking orang dewasa ikan ini dihargai ratusan ribu rupiah.

Dan kini harga ikan ini lumayan terjangkau dikarenakan, ikan ini sudah bisa dikembangbiakan oleh peternak ikan. Menurut Dimas, penjual ikan di daerah Ciater, Tangerang Selatan. Menurut nya ikan puntius ini sekarang harganya nya tidak seperti dulu yang mahal dan sekarang harganya jauh lebih murah. Karena sudah banyak peternak ikan hias yang berhasil mengembangbiakan ikan Puntius.

Dan bagi penggemar ikan ini tidak disarankan udang hias sejenis Red Cherry karena, ketika ikan puntius sudah berukuran besar ikan ini cenderung ganas dan bisa memangsa udang yang ada di akuarium.

Sumber gambar : Seriouslyfish.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar